Logo Topsumbar tv

logo-web-tv

terkini

Kapolda Sumbar Lakukan Penanaman Bibit Nilam Sebagai Bahan Komoditi Ekspor

1/15/21, 16:14 WIB Last Updated 2021-01-15T09:14:12Z


topsumbar.com │ Kabupaten Solok – 
Guna untuk mendukung program promoter dan dalam rangka pemanfaatan lahan, Kapolda Sumbar melakukan penanaman bibit Nilam perdana bersama PT. Sirukam Lubung Nagari, pada hari Kamis, 14 Januari 2021, bertempat di Pancang Merah Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok.

Penanaman Nilam perdana di pancang merah tersebut diikuti langsung oleh Kapolda Sumbar/Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, MM beserta rombongan dan hadir juga Bupati Solok yang diwakili oleh Sekdakab Solok H. Aswirman, SE, MM dan Kapolres Solok Arosuka AKBP Azhar Nugroho beserta jajaran, kemudian turut ikut juga Dandim Solok Letkol Arm Reno Triambodo, Kajari Solok/Donny Haryono Setiawan, Kabag Humas Syofiar Syam dan Direktur PT. Sirukam Lubung Nagari/Boy, Camat Payung Sekaki serta Wali Nagari setempat.

Acara penanaman bibit Nilam di pancang merah tersebut diawali dengan kata sambutan dari Kapolres Solok Arosuka/AKBP Azhar Nugroho, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua, yang dihadiri langsung oleh Kapolda Sumbar dalam rangka penanaman bibit nilam di Nagari Supayang Kecamatan Payung sekaki.

“Dan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara Polda Sumbar dengan PT. Sirukam Lubung Nagari untuk mengolah lahan dan pengembangan bibit nilam,” ujarnya.

“Untuk itu, diharapkan semoga kegiatan ini bisa menampung tenaga kerja bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok pada umumnya,” tutup Kapolres Solok Arosuka/AKBP Azhar Nugroho.

Beriringan dengan itu, Bupati Solok, yang diwakili oleh Setdakab Solok/H. Aswirman, SE, MM dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Sumbar di daerah Kabupaten Solok yang memiliki udara yang sejuk dan tanah yang subur.

“Kalau boleh kita menyampaikan bahwasanya kondisi daerah disini sangat cocok untuk lahan pertanian khususnya bibit nilam, dulu sudah ada kegiatan seperti ini dilakukan namun, belum ada kemajuan, mudah-mudahan dengan pelaksanaan kegiatan oleh perusahaan ini yang juga bekerja sama dengan Polda Sumbar, semoga produk nilam ini bisa lebih berkembang dengan baik lagi,” ungkapnya.

Kita pemerintah Kabupaten Solok berharap Kepada PT. Sirukam Lubung Nagari agar dapat lebih berupaya dengan sebaik-baiknya, dalam rangka pengembangan bibit nilam ini di daerah Kabupaten Solok.

Terakhir, H. Aswirman menyampaikan, dengan terlaksananya kegiatan ini, selain dapat menghidupkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat juga dapat memberi kontribusi buat daerah berupa retribusi dan pajak daerah.

Selanjutnya, Pimpinan PT. Sirukam Lubung Nagari/Pak Boy menyampaikan bahwa lahan yang diresmikan pada hari ini seluas 25 ha yang terdiri dari yang sudah digarap sebanyak 17 ha untuk 4000 pohon/ha dan lahan cadangan sebanyak 8 ha, akan digarap untuk selanjutnya.

“Penggarapan lahan ini dilakukan sesuai dengan tekhnik dan mekanisme bidang pertanian sehingga pengolahan lahan untuk bibit nilam ini dapat terlaksana dengan baik dan maksimal, sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

“Untuk target panen perdana adalah selama 6 bulan dan untuk panen berikutnya selama 3 bulan, begitu seterusnya dan untuk kegiatan pengembangan bibit nilam ini juga telah mengikutsertakan masyarakat sebanyak 60 orang dan sudah menghasilkan panen,” ungkapnya.

Pada bulan Maret tahun 2021 ini kita akan mengembangkan kegiatan berupa pengelolaan sapi dan jagung manis karena lahan sangat mendukung untuk pelaksanaannya, tutup pimpinan PT. Lubung Nagari.

Kemudian, Kapolda Sumbar/Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa pengembangan daerah harus juga memperhatikan lahan sekitar tanpa merusak habitat sekitarnya dan kunjungan ini merupakan yang kedua sekitar 3 bulan yang lalu.

“Di tengah pandemi yang sedang terjadi ini kita perlu untuk mecari peluang usaha dalam rangka peningkatan ekonomi dan juga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, mari kita hidupkan kembali lahan yang tidur untuk diolah menjadi lahan yang produktif, guna meningkatkan perekonomian di daerah.

Terakhir, Kapolda Sumbar juga menjelaskan bahwa minyak Nilam ini sangat potensial untuk dikembangkan karena memiliki nilai komoditi yang baik dan berpeluang untuk di ekspor keluar negeri.

“Untuk itu, diharapkan semoga kegiatan ini dapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Solok dalam rangka pengembangan tanaman nilam ini nantinya,” tutup Kapolda Sumbar/Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, MM.(Andar MK)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolda Sumbar Lakukan Penanaman Bibit Nilam Sebagai Bahan Komoditi Ekspor

Terkini

Iklan