LMPI Sumbar Minta Pengurus Daerah Langsung Tancap Gas

Diskominfo Sumbar OPD Inovatif

Diskominfo Sumbar OPD Inovatif

Sumatera Barat Berhasil meraih penghargaan provinsi sangat inovatif di akhir tahun 2020 lalu. Gubernur Sumatera Barat seakan tanpa henti menorehkan prestasi berskala nasional, khususnya guna meningkatkan daya saing daerah.

Hal ini terbukti melalui Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 yang diselenggarakan Balitbang Kemendagri, dimana Pemprov Sumbar meraih urutan pertama kategori provinsi sangat inovatif.

Sebanyak tujuh hasil inovasi terbaik yang telah dijalankan jajaran Pemprov Sumbar pada tahun 2020 bertujuan untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pemberdayaan peran serta masyarakat.

Salah satunya adalah Dinas Komunikasi dan Informatika atau disingkat Diskominfo Provinsi Sumatera Barat. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dibawah naungan Pemprov Sumbar diwajibkan melahirkan inovasi, minimal sepuluh setiap tahunnya.

Sejumlah inovasi yang telah diterapkan di Sumbar dari berbagai OPD akan terus berlanjut guna mendapatkan pemerataan pelayanan dan kualitas pelayanan publik.

Inovasi yang diciptakan Dinas Kominfo Sumbar ditujukan bagi aparatur pemerintahan berupa Absensi Online. Sebagai aplikasi kehadiran yang dapat digunakan oleh ASN dan Non ASN di lingkungan Pemprov Sumbar dengan menggunakan handphone masing-masing. Sistem ini dirancang dengan menggunakan teknologi geotagging dan foto selfie.

Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, sangat berguna sekali untuk mengantisipasi penularan melalui sidik jari.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat, Jasman mengatakan Kominfo bertanggungjawab penuh terhadap semua aplikasi dan masalah IT di Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, juga membangun aplikasi, penyedia infrastruktur dan penyedia layanan internet. Sampai sekarang Kominfo telah berhasil membangun 164 aplikasi, dan di tahun 2020 sudah 30 lebih aplikasi yang dipakai termasuk Sipelada, aplikasi pelanggaran protokol kesehatan di Sumatera Barat.

Dari Kota Padang Hanny Tanjung mengabarkan

Posted in

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya