Wagub Audy Joinaldy Kunjungi Mentawai, Pariwisata Disorot

Cagar Alam Tampek Gobah Aripan Didatangi Peziarah

Cagar Alam Tampek Gobah Aripan

Masyarakat Nagari Aripan Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok memiliki tradisi adat istiadat lokal yang selalu melekat di hati dan diperingati setiap tahun nya pada bulan Rajab.

Tradisi keagamaan ini juga sesuai dengan falsafah Minangkabau Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah yang disebut dengan istilah Katampek Manjapuik Baniah yang selalu diperingati di cagar budaya Tampek Gobah Nagari Aripan.

Acara ritual keagamaan yang di selenggarakan pada hari Kamis, 25 Februari 2021 lalu juga dihadiri dan dikunjungi oleh para peziarah makam guru wali Allah dari luar daerah Kabupaten Solok, yakni dari Kabupaten Padang Pariaman dan daerah lainnya.

Konon katanya adalah generasi dari murid-murid beliau disaat beliau menyebarkan syari’at Islam semasa beliau masih hidup. Dimana penjaga atau pengelola makam keramat wali Allah di Nagari Aripan Angku Jami’an Pakiah Batuah mengatakan bahwa makan keramat ini adalah putra asli Aripan dan pada saat ia masih hidup, sesuai dengan “warih nan bajawek, pusako nan batuang” bahwasanya beliau ini salah seorang ulama besar di masanya dan mempunyai banyak murid di seluruh penjuru, baik itu di Minangkabau maupun di daerah lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya