Logo Topsumbar tv

logo-web-tv

terkini

Dewan Pers Umumkan Pemenang ADP 2021, Ini Daftar Pemenangnya

12/11/21, 20:46 WIB Last Updated 2021-12-11T13:46:16Z


Topsumbar.com | Nasional - Dewan Pers mengumumkan pemenang Anugerah Dewan Pers (ADP) tahun 2021 pada Kamis (9/12/2021) malam di Jakarta. 


Dikutip Topsumbar.com dari siaran pers Dewan Pers, pengumuman pemenang ADP 2021 sebagai bentuk apresiasi kepada insan pers dalam mewujudkan kemerdekaan pers di Indonesia itu dibuka Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh . 


Turut hadir dalam acara perdana pemberian penghargaan kepada wartawan, perusahaan pers, lembaga dan perorangan non pers ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate yang diwakili staf ahli Kominfo Niken Widiastuti, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Andi Samsan Nganro dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Agung Suprio. Hadir pula para anggota Dewan Pers, tokoh senior pers dan masyarakat pers lainnya.


Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh mengatakan ADP itu untuk membangun satu budaya, satu tradisi untuk mengucapkan terima kasih kepada siapa pun yang punya prestasi. Ia menjelaskan ada kecenderungan sulit mengucapkan terima kasih dalam masyarakat sehingga Dewan Pers mengajak semua pihak mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi dan berpikir positif. 


"Ini simbol ajakan," ujar Muhammad Nuh, dikutip dari Tempo.co


Lebih lanjut, Nuh mengucapkan selamat kepada mereka yang menjadi pemenang dan berharap bisa memotivasi untuk terus berprestasi pada tahun-tahun mendatang.


Nuh mengingatkan pada tahun-tahun mendatang kompleksitas sosial akan semakin cepat dibandingkan kompleksitas pemahaman sehingga dibutuhkan wartawan yang menguasai salah satu spesialis tertentu.


Nuh juga menyatakan, kemerdekaan pers mutlak dan demokrasi sebagai jalan untuk mengelola bangsa di mana pers menjadi pilar keempat demokrasi. 


Terakhir, Nuh berharap masuknya transformasi digital bisa menjadi penggerak, pengungkit dan sebagai mesin transformasi.


Sementara itu, ketua panitia pelaksana Asep Setiawan menjelaskan proses penyelenggaraan ADP 2021 dimulai dengan konsultasi kepada konstituen Dewan Pers dan masyarakat pers untuk merumuskan tujuan, kriteria dan kategori.


Bahkan proses nominasi disampaikan oleh konstituen Dewan Pers, dari proses ini terdapat 117 media dan ratusan karya jurnalistik, 45 wartawan serta belasan nama lembaga dan perorangan.


 "Dewan juri mengajukan 41 nominasi dari kategori media cetak, televisi, radio dan siber serta perorangan dan lembaga," ujar Asep.


Sebanyak 41 nomine terjaring dari penilaian juri utama. Para juri utama terdiri dari Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, Ketua PWI Atal Depari, Ketua Dewan Pers 2016-2019 Yosef Adi Prasetyo, wartawan senior Bambang Harimurti dan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dadang Rahmat Hidayat.


Sedangkan juri penyisihan adalah Hendry Ch Bangun, Ahmad Djauhar, Jamalul Insan, dan Asep Setiawan. Untuk setiap peraih penghargaan Dewan Pers memberikan trofi khusus yang didesain oleh seniman Dolorosa Sinaga.


Berikut selengkapnya pemenang ADP 2021 menurut kategori:


Kategori Wartawan/Host TV nasional


Rahdini Ikaningrum dati Metro TV berhasil menjadi pemenang setelah menyisihkan nominasi lainnya, Budiman Tanuredjo (Kompas TV), Irwan (Metro TV), Najwa Shihab (Narasi TV/Trans TV), dan Revolusi Riza (CNN Indonesia). 


Kategori Televisi Nasional


Kompas TV menjadi pemenang kategori televisi nasional dengan nominasi INews, RCTI, TVOne dan TVRI Pusat. 


Kategori Media Siber


Kategori media siber dimenangkan Kompas.id setelah menyisihkan Korantempo.co, Kumparan.com dan Liputan6.com.


Kategori Media Siber Wilayah Barat


Kabarmedan.com berhasil menjadi pemenang setelah menyisihkan dua nominasi lainnya, yakni  Haluanbanten.co.id dan Mentawaikita.com.  


Kategori Media Siber Wilayah Tengah


Kabarmakassar.com memenangkan dengan menyisihkan nominasi lainnya, Sultrakini.com dan Tribunkaltim.co.


Kategori Wartawan Radio


Haryo Ristamaji dari Radio Elshinta menjadi pemenang. Ardi (RRI Merauke) dan S. Jumar Sudiyana (Radio Sonora) juga menjadi nominasi di kategori ini.


Kategori Media Radio Nasional


RRI Pro3FM menjadi pemenang kategori media radio nasional setelah menyisihkan Elshinta KBR (Kantor Berita Radio). 


Kategori Media Radio Wilayah Indonesia Barat

Suara Surabaya menjadi pemenang dengan menyisihkan nominasi lainnya  PRFM Bandung dan RRI Bandung. 


Kategori Wartawan Media Cetak 


Wahyu Dhyatmika  dari Majalah Tempo mengalahkan noominasi lainnya, Febrianti (Tempo) dan Tri Agung Kristanto (kompas). 


Kategori Media Cetak Nasional


Majalah Tempo menjadi pemenang setelah mengalahkan Koran Kompas dan Koran Republika. 


Kategori Perorangan Non Pers


Damar Juniarto (Safenet) menjadi pemenang setelah menyisihkan dua nominasi lain Anita Wahid (Mafindo) dan Ishadi SK.


Kategori Lembaga Non Pers


Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers  menyisihkan BNPB (Satgas Covid-19) dan Komite Keselamatan Jurnalis.


(AL/BS)


#Dewanpers
#Jurnalishebat

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dewan Pers Umumkan Pemenang ADP 2021, Ini Daftar Pemenangnya

Terkini

Iklan