Logo Topsumbar tv

logo-web-tv

terkini

Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas Dalam Musrenbang Kelurahan Tanah Garam

2/08/21, 14:43 WIB Last Updated 2021-02-08T07:43:13Z


topsumbar.com │ Parlemen –
 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok diantaranya Rusdi Saleh, Rusnaldi, Taufiq Nizam dan Wazadly menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Tanah Garam untuk pelaksanaan Tahun Anggaran 2022, yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Tanah Garam Kota Solok, Rabu (3/2/2021).


Musrenbang tersebut bertemakan, “Melalui Musrenbang Kelurahan, Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Disegala Bidang”.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanah Garam Jasrizal Syarief dalam sambutannya menyampaikan, sebaiknya dalam Musrenbang ini kita munculkan tentang bagaimana cara memulihkan ekonomi yang semakin merosot semenjak Covid-19 melanda dunia.

“Sebaiknya usulan yang akan kita prioritaskan saat sekarang ini adalah tentang usaha kecil dan menengah. Kita jangan mengarahkan ke fisik saja dan sudah saatnya kita melakukan pemulihan ekonomi secara bersama–sama kedepannya,” kata Jasrizal Syarief.

Sementara itu, Camat Lubuk Sikarah Novri Aprilizen dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengisi aplikasi usulan perencanaan, dan untuk saat ini kita memang mengutamakan usulan di bidang ekonomi agar roda ekonomi dapat berjalan normal kembali.

“Karena kita dilanda pandemi, saat sekarang ada dana kelurahan untuk sarana dan prasarana namun itu belum lagi maksimal. Mudah-mudahan ditahun depan adalagi dana Goro badunsanak untuk masing-masing kelurahan, karena itu cukup memiliki dampak yang besar terhadap kelurahan,” kata Novri Aprilizen.

Dilanjutkannya, semoga melalui Musrenbang ini dapat di susun rencana program dan kegiatan yang betul-betul prioritas dan strategis, sehingga pada gilirannya mampu memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Anggota DPRD Rusdi Saleh menjelaskan mari kita usulkan apa yang menjadi prioritas untuk pembangunan, terutama bidang ekonomi. Mari kita sama-sama mengawal usulan kita agar bisa kita fasilitasi.

“Musrenbang merupakan sebuah tempat untuk menampung aspirasi masyarakat secara ril. Kami berharap dengan APBD kita yang sangat kecil ini, hendaknya betul-betul kebutuhan mendesak dulu yang kita prioritaskan,” sebut Rusdi Saleh.

Ia mengatakan bahwa proses untuk saat sekarang merupakan perencanaan untuk tahun 2022. Dia juga meminta pada camat untuk transparan, mana yang akan difokuskan kebutuhan masyarakat untuk saat ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Wazadly, dan ia juga mengharapkan agar Musrenbang kali ini tidak fokus hanya pada masalah pembangunan saja, namun juga kesejahteraan masyarakat. Musrenbang diharapkan dapat melahirkan terobosan serta ide perencanaan yang dapat membantu percepatan pemulihan seperti meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui ekonomi kreatif.

“Saat kita berbicara pembanguan berkualitas maka kita berbicara bagaimana kita mengembalikan, memulihkan agar dampak kontraksi perekonomian yang besar ini akan bisa terselesaikan. Kita berharap, pemulihan yang nantinya kita bisa dorong adalah pemulihan yang memberi kesempatan berkembang bagi masyarakat,” harapnya.

Selain anggota DPRD Kota Solok, acara Musrenbang tersebut juga dihadiri oleh Camat Lubuk Sikarah Novri Aprilizen, Lurah Tanah Garam Asril, Ketua LPMK Tanah Garam Jasrizal Syarief, Sekretaris Bappeda Hendrizal, Tokoh masyarakat, RT dan RW beserta undangan lainnya. (Syafri)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas Dalam Musrenbang Kelurahan Tanah Garam

Terkini

Iklan