Logo Topsumbar tv

logo-web-tv

terkini

Universitas Terbuka Jadi Leader Institusi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di Indonesia

1/02/21, 02:56 WIB Last Updated 2021-01-01T19:57:04Z

Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) bagi 251 lulusan di Universitas Terbuka Padang, Minggu (29/11/2020).

topsumbar.com│nasional  
 Universitas Terbuka (UT) Padang mengadakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) bagi 251 lulusan Diploma, S1, dan S2, Minggu 29 November 2020. Kegiatan UPI dilakukan secara daring (dalam jaringan), karena pandemi Covid-19 belum sepenuhnya dapat diatasi penularannya. Tema yang diusung adalah “UT terdepan dalam Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh “.

Gubernur Sumatera Barat dan Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat berkenan memberikan sambutan secara daring pada acara tersebut. Sebelum acara UPI didahului pelantikan Pengurus Wilayah Ikatan Alumni UT Sumatera Barat oleh Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, S.IP., M.Si., yang merupakan Ketua Umum Ikatan Alumni UT Pusat yang juga merupakan Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia.

Di sela-sela acara UPI juga diadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UT Padang dengan Walikota Padang dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Kota Padang.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum UT Padang. Drs. Moh. Muzzamil, M.M

Dalam sambutannya, Rektor UT yang diwakili Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Drs. Moh. Muzammil, MM menyebutkan bahwa keberadaan UT di masa pandemi semakin memantapkan jati dirinya sebagai leader institusi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) di Indonesia, karena sejak awal pendirian UT 36 tahun yang lalu, telah menerapkan sistem belajar jarak jauh dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Pandemi Covid-19 telah memaksa institusi Pendidikan Tinggi lainnya di luar UT beradaptasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran, karena pembelajaran tidak mungkin dilakukan dengan cara-cara konvensional seperti yang selama ini mereka terapkan. UT sudah selangkah lebih maju dalam melakukan online learning, sementara Perguruan Tinggi lain baru memulainya.

Rektor menambahkan bahwa inovasi teknologi Pembelajaran Jarak Jauh yang telah dikembangkan, membuktikan bahwa UT tidak gamang beradaptasi dengan tatanan kebiasaan baru dalam melakukan kegiatan pembelajaran online learning. Berbagai ragam layanan bantuan belajar telah disediakan untuk menjangkau mahasiswa yang tidak terjangkau, yang tersebar di seluruh pelosok negeri, bahkan di luar negeri yang tidak dapat dilayani dengan cara-cara konvensional.


Kenyataan tersebut semakin memperkuat kewibawaan UT untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas serta menghasilkan lulusan yang dapat berdaya guna dan berdaya saing di masyarakat.

Untuk menjamin setiap lulusan UT memperoleh pengalaman belajar yang optimal sesuai dengan profil kualitas lulusan yang telah ditetapkan, Rektor UT memaparkan bahwa UT telah merancang peningkatan kualitas kurikulum yang semakin baik, serta senantiasa melakukan pengawalan kualitas secara jelas terhadap bahan ajar, proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar yang dikendalikan melalui sistem penjaminan kualitas internal yang sangat ketat sehingga mutu lulusan UT dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya.


Di akhir sambutannya, Rektor UT menyebutkan bahwa sebagai etalase Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di Indonesia, UT telah memiliki beragam jenis layanan bantuan belajar online learning yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya mahasiswa masa kini, seperti Tutorial Online (Tuton), Tutorial Webinar (Tuweb), Tutorial Radio dan tutorial TV.

Demikian juga untuk mengukur capaian kompetensi mahasiswa, tersedia beragam jenis ujian yang dapat dipilih, seperti ujian paper based, ujian online, dan ujian online proctoring. Dari sisi produk akademik, mahasiswa dapat memanfaatkan bahan ajar digital, bahan ajar digital interaktif, bahan ajar bagi mahasiswa yang berkebutuhan khusus, di samping bahan ajar cetak. Semua fasilitas dan layanan yang tersedia, dikembangkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, sehingga daya jangkau UT semakin meluas dan dapat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa. (***)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Universitas Terbuka Jadi Leader Institusi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di Indonesia

Terkini

Iklan