Logo Topsumbar tv

logo-web-tv

terkini

KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa Mendukung Percepatan Pembangunan Monumen PDRI

1/31/21, 01:05 WIB Last Updated 2021-01-30T18:05:58Z


topsumbar.com │ Kota Padang –
 Dalam rangka percepatan pembangunan kawasan Monumen Nasional Bela Negara (Monumen PDRI) di Sumatera Barat, Wali Kota Padang yang juga Ketua Forum Bela Negara (FBN) Sumatera Barat bersilaturrahim dan berdiskusi dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Besar Angkatan Darat di Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Pada kesempatan itu, Wako Mahyeldi menyampaikan bahwa Monumen Bela Negara beserta fasilitas pendukungnya dibangun di Jorong Aie Angek Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota, di atas lahan seluas 50 Ha yang telah diserahkan oleh ninik mamak Nagari Koto Tinggi tanpa ganti rugi.

“Dari 50 Ha lahan yang direncanakan untuk bangunan Monumen Nasional Bela Negara beserta fasilitas pendukungnya, baru 20 hektar yang dapat dibangun sejak tahun 2013 dengan menggunakan dana tugas pembantuan melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM) Direktorat Jenderal kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ungkap Mahyeldi.

“Sedangkan 30 Ha nya lagi untuk pembangunan Kawasan Indonesia Mini (bangunan monumental yang mewakili provinsi seluruh Indonesia) belum dibangun apa-apa,” lanjutnya.

Terkait hal itu, Mahyeldi menganggap perlu dikeluarkan Keputusan Presiden yang konsepnya dibuat oleh Kementerian Pertahanan tentang percepatan pembangunan Monumen Bela Negara, agar seluruh Kementerian terkait terlibat secara aktif mempercepat pembangunan kawasan Monumen Bela Negara sesuai tanggung jawab masing-masing.

Sebagaimana diketahui, Monumen Nasional Bela Negara merupakan ikon sejarah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang masterplan-nya meliputi Monumen Bela Negara (museum dan auditorium), gerbang, penginapan, plasa, restoran, visitor center, playing pedestrian, tempat penjualan souvenir, tempat pengelola, masjid dan area pengingat.

“Hingga saat ini baru Monumen Nasional Bela Negara yang sudah selesai pembangunannya. Hal ini terlihat dari berdirinya dua bangunan gedung yang megah sesuai masterplan berupa museum dan auditorium, sementara bangunan penunjang lainnya belum ada,” tutur Mahyeldi.

Lebih lanjut Mahyeldi menjelaskan, Monumen Nasional Bela Negara mengambil desain dengan menggubah Rumah Gadang yang merupakan simbol lokal dan refleksi dari bahtera. Titik massa bangunan yang terbelah dua menunjukkan kondisi darurat yang mendesak untuk dilakukan langkah penyelamatan.

“Titik rangka baja yang menyelimuti bangunan menjadi simbol kesementaraan sekaligus keberlanjutan sebagai refleksi keberadaan PDRI dalam menjaga eksistensi NKRI. Kulit bangunan terbuat dari rangkaian rangka baja dapat mengurangi glare pada dinding bangunan yang terbuat dari kaca serta sebagai elemen pembentuk efek,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Andika Perkasa setelah mendapatkan informasi terkini pembangunan Monumen Bela Negara di Sumatera Barat, menyambut baik usulan Wali Kota Padang terkait percepatan pembangunan tersebut.

Seusai bersilaturrahim dengan KASAD, Wali Kota Padang melanjutkan pertemuan dengan jajaran Kemenko Polhukam RI yang disambut Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa, Janedri M. Gaffar untuk membicarakan hal yang sama terkait pembangunan kawasan Monumen Bela Negara.

Janedri M. Gaffar mengatakan, pembangunan monumen Bela Negara merupakan proyek Nasional yang tidak bisa dibebankan begitu saja kepada provinsi atau daerah setempat, melainkan melibatkan beberapa kementerian dalam pengerjaannya. Untuk itu, hal ini akan menjadi perioritas untuk ditindaklanjuti.

Turut hadir mendampingi Wako pada kesempatan itu, Dandim 0312/Padang Letkol Inf M. Ghoffar Ngismangil, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal, Kepala Dinas Perdagangan Andree Algamar, Kepala Dispora Mursalim, Kakan Kesbangpol Yuska Librafortunan, Kabag Umum Budi Kurniawan dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis. (Hanny)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa Mendukung Percepatan Pembangunan Monumen PDRI

Terkini

Iklan