Logo Topsumbar tv

logo-web-tv

terkini

Fasilitas Olahraga di Payakumbuh Terus Bertambah, Fitness Outdoornya Gratis

1/06/21, 23:53 WIB Last Updated 2021-01-06T16:53:20Z


topsumbar.com │ Kota Payakumbuh -
 Walikota Riza Falepi sangat amat bersemangat untuk menghadirkan sarana olahraga berkualitas bagi masyarakatnya. Bertahap tapi pasti, beberapa titik di Kota Payakumbuh telah disulapnya menjadi tempat berolahraga yang sangat nyaman serta berstandar nasional, bahkan sarana olahraga yang telah ada dipolesnya hingga menjadi lebih bagus dan elok.

Selain berkualitas, Walikota Riza Falepi menegaskan, dirinya membangun fasilitas itu, beberapa diantaranya dapat dipakai secara gratis oleh warganya, untuk itu tentu penggunaannya harus dijaga bersama-sama agar jangan sampai dirusak oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Menurut keterangan yang diperoleh media dari Kepala Dinas Pariwsata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh Desmon Corina didampingi Sekretaris Doni Saputra dan Kabid Pemuda dan Olahraga Delni Putra, Selasa (05/01) siang, menerangkan ada beberapa sarana olahraga yang khusus gratis bisa dimanfaatkan warga di beberapa titik di Kota Randang.

Ada sarana Fitness Outdoor di Medan Nan Bapaneh Ngalau, GOR Kubu Gadang, dan di Payakumbuh Bugar. Di sarana fitness ini sering sekali dimanfaatkan warga yang sudah jogging di pagi dan sore hari, siapapun dapat memanfaatkannya tanpa harus membayar sepersen pun.

Sementara itu, ada lagi lapangan basket yang bebas digunakan oleh club-club basket maupun pelajar, Payakumbuh sudah punya 2 (dua) di GOR Kubu Gadang dan satunya lagi di Payakumbuh Bugar.

“Yang lapangan basket di GOR Kubu Gadang sedang kita persiapkan memakai atap, sehingga bisa bermain di saat hujan sekalipun,” terang Desmon.

Kemudian, kata Desmon ada lagi lapangan volly dan lapangan futsal berstandar nasional di lapangan olahraga terbuka Payakumbuh Bugar di Kelurahan Tigo Koto Diate yang bebas dipakai secara gratis oleh warga Payakumbuh, tinggal memesan saja jadwal mainnya kepada pengelola lapangan.

Untuk lapangan sepakbola, ada stadion mini di Sicincin dan stadion Kubu Gadang.

Untuk pecinta bulu tangkis, ada lapangan Badminton sebanyak 3 (tiga) lapangan di Gedung Olahraga (GOR) M. Yamin di Kubu Gadang.

Sementara, lapangan Tenis di dekat GOR M. Yamin, ada 2 (dua) lapangan indoor dan 2 (dua) lapangan outdoor yang sering dipakai oleh klub-klub tenis, mereka sengaja menyewa lapangan untuk latihan sesuai dengan regulasi Perda Retribusi Kota Payakumbuh.

Sementara itu, di kawasan Batang Agam, juga sudah ada lapangan panahan dan skate park yang tentunya bakal memuaskan hati para pecinta cabang olahraga tersebut saat beraktvitas disana.

“Namun, dari semua lapangan dan sarana olahraga yang dimiliki Pemko, kita memiliki regulasi dimana apabila ada klub yang menggelar pertandingan resmi atau kompetisi, maka itu dipungut biaya retribusi, telah ada Perda Retribusi namanya,” papar Desmon.

Sampai disana saja? Tentu tidak, rencananya pada tahun 2021 ini Payakumbuh bakal punya sarana olahraga tambahan lainnya seperti GOR Type B dan Lapangan Sepakbola di Kawasan Batang Agam Tanjung Pauh, serta lapangan takraw dan bulu tangkis di dekat Payakumbuh Bugar. Payakumbuh bakal bisa menggelar liga olahraga setelah semua itu selesai di bangun.

“Semoga warga Kota Payakumbuh bisa hidup sehat dengan sering berolahraga, dengan begitu kualitas kehidupan kita akan meningkat. Lagi pula kita tentu ingin memiliki atlet-atlet berprestasi di tingkat nasional dan internasional yang bakal mengharumkan nama Payakumbuh,” ujar Riza Falepi baru-baru ini kepada wartawan.(Ton)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Fasilitas Olahraga di Payakumbuh Terus Bertambah, Fitness Outdoornya Gratis

Terkini

Iklan