Logo Topsumbar tv

logo-web-tv

terkini

Peresmian Alih Fungsi Mushalla Al-Hidayah Menjadi Masjid Termegah di Gantung Ciri

12/31/20, 23:33 WIB Last Updated 2020-12-31T16:34:05Z

Bupati Solok melaksanakan peresmian Alih fungsi Mushalla Al-Hidayah menjadi Masjid termegah di Jorong Pinang Sinawa, Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

topdumbar.com │Kabupaten Solok  
- Pada hari Jum’at, 25 Desember 2020 Bupati Solok melaksanakan peresmian Alih fungsi Mushalla Al-Hidayah menjadi Masjid termegah di Jorong Pinang Sinawa, Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

Pada saat peresmian Masjid Al-Hidayah tersebut di hadiri oleh Bupati Solok ( H. Gusmal, SE, MM ) dan di dampingi oleh Anggota DPRD Provinsi Sumbar ( Dr. H. Hardinalis Kobal, SE, MM ) serta Anggota DPRD Kabupaten Solok ( Dendi S. Ag ), turut hadir juga Kakan Kemenag Kabupaten Solok ( H. Alizar M. Ag ), Wali Nagari Gantung Ciri ( Drs. Hendri Yuda ) dan Forkopimcam Kubung, Perangkat Nagari Gantung Ciri, serta masyarakat Gantung Ciri beserta para tamu undangan lainnya.

Drs. Hendri Yuda sebagai ketua panitia pelaksana pada peresmian tersebut melaporkan bahwa Mushalla Al-Hidayah yang di Alih fungsikan menjadi Masjid pada hari ini, didirikan pada tahun 80’an, kemudian pada 2017 diambil alih pembangunanya oleh bapak H. Sawal sehingga mushala ini direnovasi dan dialihkan fungsinya menjadi masjid pada saat ini.

Menurut kami, Masjid yang diresmikan pada hari ini adalah masjid terbaik dan terindah dari segi bangunan fisiknya yang berada di Jorong Pinang Sinawa, Nagari Gantung Ciri, ungkapnya.

Pengelolaan Masjid ini, Lanjut Wali Nagari Gantung Ciri, sudah diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri dan masjid Al-Hidayah ini merupakan masjid ke 5 di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

Untuk itu, kami sebagai panitia dan walinagari Gantung Ciri mengucapkan terima kepada masyarakat nagari gantung ciri karena telah membantu baik itu moril maupun materil dalam proses pembangunan masjid al-hidayah ini, tutup Drs. Hendri Yuda.

Beriringan dengan itu, Kakan Kemenag Kabupaten Solok H. Alizar, M. Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada masyarakat Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri karena, sekarang ini sudah memiliki Masjid yang sangat indah dan megah dan kemegahan masjid ini merupakan kemegahan masyarakat Gantung Ciri.

Dengan bertambah nya Masjid di Nagari Gantung Ciri ini, maka secara keseluruhan jumlah masjid yang sudah tercatat oleh Kemenag Kabupaten Solok, sebanyak 330 di Kabupaten Solok, tuturnya.

Terakhir, Kakan Kemenag Kabupaten Solok, H. Alizar, M. Ag mengatakan, dengan telah beralihnya fungsi Mushalla Al-Hidayah ini menjadi masjid maka, harus ada fungsi masjid yang wajib dijalankan oleh masyarakat gantung ciri seperti penyelenggaraan azan 5 waktu, shalat Jum’at dan salat berjamaah, penyelenggaraan jenazah dan zakat serta kegiatan sosial dan kegiatan pendidikan agama, agar kita semua tidak mudah di goyahkan iman kita oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM mengawali sambutannya pada saat peresmian Masjid Al-Hidayah dengan ungkapan apresiasi setinggi-tingginya kepada bapak H. Sawal beserta masyarakat Jorong Pinang Sinawa Nagari Gantung Ciri karena, telah ikhlas dan sukarela membantu dan mengubah fungsi Mushalla menjadi Masjid Al-Hidayah ini.

Kemudian, Bupati juga menyampaikan bahwa dari sekian banyak Masjid yang diresmikan, Masjid ini termasuk salah satu masjid yang paling indah dan megah di Kabupaten Solok

Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh stakeholder yang ada, jangan sampai masjid ini hanya digunakan untuk tempat ibadah saja, tetapi dipergunakan juga untuk musyawarah, kegiatan pendidikan dan ekonomi masyarakat Gantung Ciri khususnya dan selalu jaga menjaga ukhwah islamiyah antar sesama.

Lebih lanjut, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Gantung Ciri untuk menjalankan kegiatan Subuh berjamaah dan Magrib mengaji karena, ini juga merupakan bagian dari program pemerintah daerah kabupaten solok.

Terakhir, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM berharap kepada masyarakat Jorong Pinang Sinawa, untuk selalu menjaga dan meramaikan masjid Al-Hidayah di setiap waktu Salat fardhu dan dengan kegiatan keagamaan lainnya.

Setelah peresmian masjid Al-Hidayah, Bupati beserta rombongan dan tamu undangan lainnya melanjutkan kegiatan dengan makan bersama sambil membahas situasi dan kondisi di daerah Kabupaten Solok. (Andar MK).


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peresmian Alih Fungsi Mushalla Al-Hidayah Menjadi Masjid Termegah di Gantung Ciri

Terkini

Iklan