Logo Topsumbar tv

logo-web-tv

terkini

Gubernur Irwan Prayitno Berikan Penghargaan Kepada Lima OPD Terinovasi

12/30/20, 23:41 WIB Last Updated 2020-12-30T16:41:27Z

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berfoto bersama seusai menyerahkan penghargaan 

topsumbar.com 
│Sumatera Barat - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerahkan penghargaan pada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai dalam Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar, yang dihadiri seluruh kepala OPD Sumbar, di Aula Kantor Gubernur, Senin (28/12/2020).

Gubenur Irwan Prayitno menyampaikan, bahwa pada dasarnya banyak inovasi yang dilakukan masing-masing OPD. Tujuannya inovasi-inovasi tersebut agar masyarakat merasakan kecepatan, efektivitas dan efisiensi di setiap layanan.

Inovasi merupakan keniscayaan, suatu kewajiban, suatu kemestian, karena inovasi itu identik dengan perubahan. Kita hidup setiap hari haruslah berubah. Untuk itu setiap OPD dalam pencapaian kinerja melalui transformasi digital agar saling sinergi dan saling terkoneksi,” kata Irwan Prayitno dalam sambutannya.

Inovasi dilingkungan pemerintah daerah saat ini harus menjadi sebuah kebiasaan, budaya bahkan kewajiban bagi aparaturnya.

“Kita berinovasi bukan karena adanya penghargaan dari pusat, tapi karena suatu kebutuhan. Adanya atau tidak penghargaan, kita tetap berinovasi,” ucapnya.

Mungkin saja hingga saat ini masih ada aparatur yang belum tergerak untuk melakukan inovasi, karena mereka berprinsip tidak akan menganggu dalam gaji dan tunjangannya.

Inovasi merupakan suatu kebutuhan untuk peningkatan kinerja, setiap OPD jangan itu-itu saja kerjanya. Ke depan setiap perangkat daerah harus beriringan melakukan literasi digital.

“Kita juga harus mengubah mindset bekerja, dengan inovasi kita bisa mempermudah bekerja, mempercepat, memperlancar dalam pelayanan publik dan memberi manfaat dari hasil kerja yang dilakukan,” terangnya.

Seperti inovasi juga bisa meningkatkan daya saing, untuk investasi dalam pelayanan investor. Contoh sederhananya, percepatan waktu pelayanan publik yang biasa 1 minggu bisa diselesaikan dalam hitungan jam.

Dalam meningkatkan reformasi birokrasi dibidang pelayanan publik, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumatera Barat (Sumbar) merupakan ujung tombak pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang masuk dalam Zona Integritas untuk penerpan yang lebih baik.

Bidang Pengaduan, Kebijakan Pelaporan Layanan (PKPL) menjadi salah satu bidang yang menumbuhkan inovasi pelayanan publik untuk semua penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan sebagai upaya meningkatnya kualitas pelayanan publik, diharapkan agar berperan aktif dalam peningkatan penilaian reformasi birokrasi.

Namun ia menegaskan, bahwa tidak cukup hanya dengan inovasi tetapi juga harus mengembangkan dengan teknologi kreatif. Sebab, Inovasi dan kreativitas menjadi sangat penting untuk kemajuan sekarang ini.

Seperti halnya transformasi digital untuk pemulihan ekonomi dalam hal ini menggerakkan UMKM melalui penjualan secara online dengan memasukkan mereka pada marketplace serta membangun akses pemasaran secara virtual berbagai negara.

Selanjutnya ada juga Absensi Online di inisiator oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Sumbar, sebagai aplikasi kehadiran yang dapat digunakan oleh ASN dan Non ASN di lingkungan Pemprov Sumbar dengan menggunakan handphone masing-masing. Sistem itu dirancang dengan menggunakan teknologi geotagging dan foto selfie.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, sangat berguna sekali untuk mengurangi virus corona akibat terpaparnya dari sidik jari,” tuturnya.

Jadi inovasi bisa menggerakan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan pembangunan di segala bidang.

Inovasi harus ada terus di setiap lingkup kerja. Pekerjaan yang lama dipercepat, yang lama dipersingkat, semuanya harus dipermudah dan praktis untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Di dalam hidup ini, kita tak perlu berupaya untuk menjadi seseorang yang disegani, apalagi ditakuti. Tetapi jadilah seseorang yang berguna bagi siapa pun di sekeliling diri kita. Kita wujudkan jiwa kepemimpinan dalam diri kita, agar diri kita bisa menjadi seseorang yang menginspirasi orang lain,” ungkap Irwan.

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. (Hadits Riwayat ath-Thabrani).

Punya jabatan dipertanggungjawabkan harus berpikir lebih baik dan lebih baik lagi. Jadilah pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Seorang Muslim lebih diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain. Ini adalah bagian dari implementasi konsep Islam yang penuh cinta, yaitu memberi.

“Manusia yang terbaik adalah manusia yang memberi manfaat, memberikan terbaik kepada orang lain,” ucapnya.

Oleh karena itu, OPD wajib melakukan inovasi, masing-masing 10 inovasi dan tentu harus ada pembaharuan. Tidak ada istilah jenuh karena sudah ada inovasi, terus lakukan inovasi mengikuti zaman.

“Kalau kita tidak berinovasi, kita tentunya tertinggal, terinjak, terlempar, kalah dengan yang lain. Itu sudah pasti,” ulasnya.

Kemudian Irwan Prayitno juga menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas serta memberikan pelayanan publik yang mudah, murah dan cepat maka OPD dituntut untuk lebih kreatif dan selalu berinovasi guna meningkatkan kualitas pelayanannya.

“Untuk memotivasi OPD, kita beri bentuk penghargaan bagi yang terinovasi. Ada lima OPD yang terbaik yang menjadikan Sumbar provinsi terinovasi,” sebut Irwan.

Selanjutnya Gubernur Irwan Prayitno menyerahkan penghargaan kepada lima OPD, yaitu :

  1. Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sumbar dengan skor 1632 dan jumlah inovasi 13.
  2. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar dengan skor 1502 dan jumlah inovasi 9.
  3. RSUD Muhammad Nasir Solok dengan skor 1496 dan jumlah inovasi 8.
  4. Dinas Komunikasi dan Informasi Sumbar dengan skor 1414 dan jumlah inovasi 8.
  5. Dinas Kebudayaan skor 1242 dan jumlah inovasi 9.(Nov/Hms)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gubernur Irwan Prayitno Berikan Penghargaan Kepada Lima OPD Terinovasi

Terkini

Iklan